Menjadi Motor Penggerak dan Kunci Kebaikan


Prof. Doktor 'Abdurrazaq bin Syaikh Muhaddits Abdul Muhsin Al-Abbad Siapa saja yang igin menjadi kunci kebaikan dan penutup kejelekan, ia mesti menempuh cara-cara berikut ini.

1. Ikhlash dalam seluruh perkataan dan perbuatan. Karena ikhlash adalah pondasi seluruh kebaikan dan mata air seluruh keutamaan.

2. Berdoa terus menerus meminta taufik kepada Allah azza wa jalla supaya memperoleh kemudahan untuk merealisasikan cita-cita tersebut. Sebab doa adalah pembuka pintu setiap kebaikan. Allah azza wa jalla tidak menolak seorang hamba yang berdoa kepada-Nya, dan juga tidak mengesampingkan seorang mukmin yang memanggil-Nya.


3. Semangat untuk mencari dan menggapai ilmu yang bermanfaat. Sungguh, ilmu akan mengantarkan kepada berbagai keutamaan dan budi pekerti yang luhur, serta berfungsi sebagai menghalang dari perilaku rendah dan dosa-dosa besar.


4. Serius untuk beribadah kepada Allah azza wa jalla, terutama dalam menjalankan ibadah-ibadah wajib, dan lebih khusus tentang ibadah shalat. Sungguh, shalat sanggup menahan dari perbuatan keji dan munkar.

5. Menghiasi diri dengan akhlak yang mulia dan tinggi, dan menjauhi moral yang rusak dan prilaku buruk.

6. Berteman dengan Akhyar ( orang-orang pilihan) dan duduk bersama orang-orang shalih. Sesungguhnya majlis mereka dihadiri oleh para malaikat, diaungi oleh rahmat. Sebaliknya, harus waspada jangan sampai duduk bersama orang-orang bermoral buruk, karena majlis mereka didatangi oleh syaithan.

7. Menasehati orang lain saat bergaul dan berinteraksi dengan sesama hingga dapat menyibukkan mereka dengan kebaikan dan memalingkan mereka dari keburukan. Mengingatkan sesame kepada hari akhir dan saat-saat seseorang berdiri dihadapan Allah azza wa jalla Rabbul 'Alamin. Allah Azza wa jalla akan membalas orang yang baik dengan kebaikan dan orang yang jelek dengan kejelekan. Allah berfirman :
Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebera dzarrahpun, niscaya ia akan melihat(balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjaklan kejahatan seberat dzarrahpun niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.(Q.S Al Zalzalah:7-8)

8. Landasan dari itu semua, ialah adanya kemauan kuat pada diri seorang hamba terhadap kebaikan dan keinginan memberi manfaat bagi orang lain. Kapan saja kemauan ini muncul, niat telah merencanakan, dan tekad telah kian menguat, kemudian dilanjutkan memohon pertolongan kepada Allah azza wa jalla dalam menjalankannya, serta berbuat sesuai dengan kaidah syariat, sehingga dengan izin Allah azza wa jalla, ia aan menjadi salah satu kunci kebaikan dan menutup pintu kejelekan.

(Mafaatihul khair dalam kumoulan makalah berjudul Al-Jaami' Lil-Buhuuts Warrasaail, Dar Kunuz Isbiliya, Riyadh, 1, Tahun 1426 H, hlm.574) (Majalah As Sunnah Edisi 08 Th. XII)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Good advice, semoga kita bisa mengamalkan..

Anonim mengatakan...

Iya...semoga kita isa mengamalkannya...

Posting Komentar